Selasa, 04 April 2017

CARA MENGHITUNG KAYU GELONDONGAN

Mungkin anda sedang mencari informasi tentang cara menghitung kubikasi kayu balok atau gelondong.
Atau membutuhkan info bagaimanakah rumus kubik kayu yang benar. Rumus rumus yang tepat untuk menghitung kubik kayu balok maupun papan. 
Adapun cara dan rumus menghitung kubikasi kayu balok dan papan sudah telah banyak yang membahas dan membicarakan hal tersebut dalam artikel artikel yang pernah orang buat sebelumnya dan dishare ke public atau khalayak ramai cukup banyak bertebaran di internet.
Namun dari sekian banyaknya rumus yang ada dan yang telah menjelaskan rata rata kebanyakan banyak yang membingungkan untuk dibaca bahkan kita sendiri sulit untuk memahami dan mencernanya sehingga informasi yang seharusnya mau kita dapatkan belum juga dapat kepahaman atau dapat jawaban yang cukup memuaskan dan membuat terjawab atas pertanyaan yang ada dikepala kita.

Maka jika anda berposisi sebagai penjual atau pramuniaga tadi maka sudah barang tentu wajib menguasai hitungan hitungan itu. Namun jika anda berposisi sebagai calon pembeli atau orang yang hendak mebeli kayu log tersebut maka tidak ada salahnya jika telah sebelumnya mengetahui cara hitung dan rumus menghitung kubik kayu yang benar. Tujuannya apa? Tentu agar paling tidak terdapat kesamaan hasil hitung atau dari pekiraan anda dengan hasil hitung dari sang penjual tersebut. Biar ketika terjadi kesalahan hitung atau tindak kecurangan salah hitung yang akibatnya merugikan salah satu pihak tidak terjadi dan bisa dijelaskan hal yang seharusnya benar.
Istilah jawanya (Agar tidak diakali) maka pengetahuan akan rumus dan cara hitung yang benar dalam hal menghitung kubikasi kayu ini sangatlah amat penting. Utamanya bagi anda yang berkecimpung dalam dunia perkayuan misal saja produksi maupun penjualan produk furniture dan barang mebel.
Pada dasarnya rata rata rumus yang digunakan adalah sama.
Disini untuk menghitung jumlah kubik m3 kayu gondong atau LOG adalah dengan Rumus :

P x D x D x 0.7854 dibagi 10.000 = nilai kubik kayu
Dengan arti lambang :
P : adalah panjang kayu (dalam jumlah satuan meter/ m)
adalah Diameter kayu bawah dan diameter kayu bagian atas
0.7854 : adalah sudah hitungan rumus kunci dan sudah teruji.
10.000 adalah pembaginya.

Contoh soal;
Misalnya anda mau membeli batang kayu log ukuran panjang 2meteran sebanyak 2 kubik. Dengan dilapangan terdapat kayu yang ukuran panjang 2 meter rata rata memiliki diameter 20 cm. Lalu berapa jumlah batang kayu yang akan anda dapatkan jika hendak membeli dengan kapasitas jumlah 2 kubik kayu.
Sekarang kita jawab dengan menggunakan rumus diatas.

P x D x D x 0.7854 : 10.000
P = 2, D = 20 
Maka 2 x 20 x 20 x 0.7854 = 628, 32 : 10.000 = 0,062832 m3 per 1 batang kayu.
Dibulatkan menjadi 0,06 m3
Sehingga untuk mendapat 1 kubik maka 1 dibagi 0,06 = 16,6 batang kayu.
Sehingga jika kita butuhya 2 kubik, makan 16,6 dikali 2 = 33,2 batang = 33

Jadi tinggal anda sesuaikan saja jumlah kebutuhan Anda dan tinggal mengalikan saja dengan harga per kubiknya sehingga anda tahu berapa jumlah uang yang musti disiapkan untuk membayar kayu glondong atau log anda.

TABEL



Tidak ada komentar:

Posting Komentar